Jumat, 20 Mei 2011

Komik Haroki

Mahdi, begitu dia biasa disapa, dia duduk di kelas 4 Abdurahman bin Auf  SD Buahati Islamic School . Dia memang sangat tertarik dengan pelajaran eksakta. Namun kurang berminat pada pelajaran komputer. Ketika pelajaran komputer, Mahdi selalu datang paling akhir menuju lab komputer. Sedangkan teman-temannya selalu berlomba-lomba untuk datang awal di lab komputer, bahkan mereka rela mengorbankan waktu istirahatnya hanya untuk antri di depan pintu lab komputer. Anak-anak memang unik.


Saat itu kami sedang belajar penggunaan Autoshapes (Callouts) pada program Microsoft Word. Saya membuat 15 judul tentang adab di kehidupan sehari-hari, ini daftarnya:


Buatlah komik sesuai tema yang kamu pilih !
1. Tema : adab berpakaian
2. Tema : adab bertamu
3. Tema : adab membaca al qur’an
4. Tema : adab minum
5. Tema : adab di dalam masjid
6. Tema : adab di dalam kamar mandi
7. Tema : adab berdoa
8. Tema : adab berkawan (bergaul)
9. Tema : adab ketika bersin
10. Tema : adab kepada orang tua
11. Tema : adab kepada guru
12. Tema : adab sholat
13. Tema : adab di dalam kelas
14. Tema : adab menguap
15. Tema : adab tidur

Saya menuliskan nomor 1 sampai dengan 15 pada secarik kertas yang kemudian saya gulung, seperti gulungan kocokan arisan sebanyak 2 kali, sehingga ada 30 gulungan/undian. Siswa yang masuk ke lab komputer saya persilahkan mengambil 1 undian dan melihat nomor berapa yang tertulis di dalam kertas itu. Jika siswa mendapat no.10, maka siswa membuat komik dengan tema adab kepada orang tua. Jika mendapat no.4 berarti membuat komik dengan tema adab minum, begitu seterusnya. Daftar tema tersebut saya tempel di pintu masuk lab komputer, sehingga anak-anak bisa langsung melihat tema apa yang harus mereka buat pada komiknya.

Seperti biasa, datanglah Mahdi ketika teman2nya sudah sibuk dengan aktifitas masing-masing. Dia mengambil worksheet dan mengerjakan di depan lab komputer. Setelah selesai, Mahdi menyerahkan worksheetnya, sambil memutar-mutar bros di jilbab saya, dia bertanya,
"Bu, apa maksud tulisan di pintu itu?"
"Oh..itu adalah daftar tema komik yang harus kamu buat nanti di komputer Mahdi, kamu ambil undian ini dan lihat nomor berapa yang kamu dapat." Jika kamu mendapat no. 2 berarti kamu membuat komik dengan tema adab bertamu, begitu seterusnya..."
Sejurus kemudian Mahdi mengambil gulungan kertas yang saya tempatkan di kantong plastik putih. Dia membuka kertas dan mencocokkan dengan daftar tema komik yang tertempel di pintu. Mahdi kembali mendatangi  saya, sambil berkata :
"Bu, bolehkah saya membuat komik dengan tema yang lain, selain dari daftar itu?"
"Hmm... memangnya Mahdi dapat nomor berapa?" tanya saya sambil meminta undian yang ada di tanganya.
Mahdi tidak menjawab pertanyaan saya, namun kembali mengulang pertanyaannya yang pertama,
"Bolehkan saya membuat yang lain bu?"
"Hmm... memangnya Mahdi ingin membuat komik apa?" tanya saya penasaran.
"Saya akan membuat komik abad berjihad" jawabnya datar.
"Oh... adab berjihad?? Ok!! Boleh Mahdi..boleh... " jawab saya sambil berpikir kira-kira apa ya menurut Mahdi adab berjihad itu.

Mahdi terlihat antusias mengerjakan komiknya, bahkan dia menyelesaikan dengan cepat komiknya dengan callouts autoshapes itu. Temannya yang lebih awal membuat komik daripada Mahdi belum selesai, Mahdi sudah selesai. Mahdi memang spesial, ketika 'tantangan komik' adab sehari-hari bagi sebagian temannya dirasa agak sulit, bagi Mahdi ia ingin tantangan yang lebih dari itu. Good job Mahdi !! 

Inilah komik yang dibuat Mahdi:










 









 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar